Mandi Di Siang Hari Saat Puasa Tidak Makruh Dan Tidak Batal

Posted by erlhank On Jumat, 03 Agustus 2012 0 komentar

Lagi puasa? haus ,lapar terus cuacanya panas begini, paling enak ngapain coba, minum? Makan? Ya tidak mungkin karena puasanya jadi batal. Pilihanya adalah madi dengan air seger, kalau ada sungai sih ngejebur ke dalam sungai paling enak, tapi sayangnya mandi disiang hari saat puasa ada yang bilang makruh, malah ada juga yang bilang batal, benarkah?

Perlu di jelaskan bahwa mandi di siang hari saat puasa tidaklah makruh atapun batal, karena memang nggak ada dalil baik dari Alquran ataupun hadist yang menerangkan hal itu, bhkan sebaliknya ada hadist sahih yang menerangkan bahwa nabi pernah mandi di siang hari saat puasa di bulan Ramadhan karena tak kuat cuaca panas. Berikut ini hadistnya:

Telah berkata Abu Bakar r.a. Telah berkata kepadaku seorang dari sahabat nabi saw: Saya lihat Nabi saw.menuang air di kepalanya lantaran kehausan dan kepanasan, padahal beliau saw saat itu sedang dalam keadaan berpuasa Ramadhan. (HSR.imam Ahmad dan imam Abu dawud).


Nah bagi kita yang karena sangat kehausan dan kepanasan di tengah hari saat puasa, tak ada salahnya mandi disamping tubuh akan fit dan seger karena tersiram air, tubuhh kitapu akan jadi bersih, bukankah Allah senang dengan yang bersih, tapi ingat jangan sampai tergoda untuk minum.

sumber
Semoga artikel Mandi Di Siang Hari Saat Puasa Tidak Makruh Dan Tidak Batal bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar